Thursday, July 19, 2012

PRINSIP KERJA KOMPUTER

Leave a Comment
Kata komputer berasal dari bahasa latin computare yang berarti menghitung. Karna luasnya garapan bidang ilmu komputer, para pakar dan peneliti berbeda dalam mendefinisikan terminologi komputer. Antara lain :

1. Menurut Hamacher, "komputer ialah mesin penghitung elektronik yang cepat dan dapat menerima informasi berupa input digital, kemudian memrosesnya sesuai dengan program yang tersimpan di memorynya dan menghasilkan output berupa informasi."


2. Menurut Blismer, "komputer ialah suatu alat elektronik yang mampu melakukan beberapa tugas sebagai berikut : menerima input, memroses input tadi sesuai dengan programnya, menyimpan perintah perintah, menyimpan perintah-perintah dan hasil dari pengolahan dan menyediakan output berupa informasi..


3. Menurut Fuori, "komputer ialah alat pemroses data yang dapat melakukan perhitungan besar secara cepat, dan tanpa campur tangan dari manusia."


Kesimpulannya :
Komputer ialah alat elektronika yang dapat menghitung dan memroses data dengan cepat yang didapatkan dari informasi input yang akan diproses dengan programnya dan menyediakan hasil output berupa informasi.


Terdapat 3 tahap dalam sistem kerja komputer dan seluruh bagian ini salam berkaitan satu sama lainnya.




1. Input Device (Alat masukan)
Perangkat keras komputer yang berfungsi untuk memasukkan data atau perintah ke bagian pemrosesan komputer, contoh : Keyboard, Mouse, Scanner, Joystick, CD-ROM, Hard disk, Disket, dll.


2. Prccess Device (Alat pemroses)
Perangkat keras yang digunakan memroses dan mengolah data atau perintah yang di terima oleh Input yang hasilnya akan ditampilkan di output, contoh : CPU (Central Proccessing Unit)

3. Output Device
Perangkat keras pada komputer yang digunakan / berfungsi sebagai pencetak atau penampil data yang sudah diproses di bagian proses, berupa suara, video, gambar, dll. Contoh : Monitor, speaker, printer, dll.

0 komentar:

Post a Comment